Tarian Panen


haiii haiii haiii blogeresss..... 😍😍😍😍
hari ini ana mau update tentang tari-tarian 💃💃,, ada yang berasal dari Kota Padang gak nih??? 😵
Nahhh kalo ada pasti kalian tau dong apa aja Tarian dari Profinsi Sumatra Barat, ya salah satunya Tari Panen. Apa sih tari panen itu ? menggambarkan tentang apa? Kenapa dinamakan Tari Panen? tampil dengan kostum yang bagaimana?
naaaahhhhhh ini penjelasannya..


Tari Tradisional Indonesia dari Padang,Sumatra Barat salah satunya yaitu Tari Panen. Tari Panden merupkaan suatu Tari yang menceritakan tentang kehidupan petani dalam bertani.
Tari Panen menggambarkan kegiatan petani yang dilakukan selama bertani yaitu tentang kehidupan petani mulai dari mencangkul, membajak dan menanam padi. Garapan tari ini menggambarkan suka cita, kelompok masyarakat tradisional minangkabau mengolah lahan pertanian. Mereka bekerja, bersenda gurau , dan saling tolong menolong. Kebersamaan ini tercermin ketika musim panen telah tiba.  kenapa dinamakan tari panen ? karena pada zaman dahulu tari panen ini juga berfungsi sebagai upacara dalam menyambut panen padi sebagai rasa syukur kepada sang dewi padi. Dan upacara ini dilakukan pada malam hari dengan mengarak seorang gadis dara, sebagai lambang dari dewi padi itu, arak-arakan tersebut berhenti di suatu tempat yang luas ( lapangan ).  Kostum yang biasanya dipakai pada tari panen ini, penari menggunakan kebaya / apok , sinanjang sebuk , dan asesoris seperti gelang dan kalung.

gimana gimana gimana?? kurang jelas? kepanjangan? atau kurang panjang ? 
nikmati saja lah yah... semoga menambah pengetahuan kita mengenai warisan budaya indonesia yang satu ini, jangan batasi ilmu yang masuk ke dalam otak kalian, budayakan membaca ya cah... semoga kelak menjadi pribadi menjadi bangsa yang mengetahui betapa beragamnya budaya dalam negeri kita yaitu Negeri Indonesia Tercyintah...
byebyebye,, tunggu postingan WARISAN berikutnya yaaaa 💋💋



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PULAU AMEH INDONESIA BAGIAN BARAT

Dikuti dari wikipedia Indonesia, SUMATERA adalah pulau keenam terbesar di dunia yang terletak di Indonesia , dengan luas 473.481 k...