INDONESIA BAGIAN TIMUR (PULAU CENDRAWASI)


Apa yang Anda bayangkan saat melihat gambar di samping?
         Ya!! Indonesia bagian timur, Papua atau yang lebih di kenal dengan Papua Nugini. Papua adalah sebuah provinsi terluas Indonesia yang terletak di bagian tengah Pulau Papua atau bagian paling timur wilayah Papua milik Indonesia. Belahan timurnya merupakan negara Papua Nugini. Provinsi Papua dulu mencakup seluruh wilayah Papua Bagian barat, namun sejak tahun 2003 dibagi menjadi dua provinsi dengan bagian timur tetap memakai nama Papua sedangkan bagian baratnya memakai nama Papua Barat. Papua memiliki luas 808.105 km persegi dan merupakan pulau terbesar kedua di dunia dan terbesar pertama di Indonesia (id.wikipedia.org/wiki/Papua). Ini adalah sekilas tentang Papua, pula bagian timur Indonesia. 
        Lalu, apa lagi yang kamu tau tentang Papua? Orang – orangnya yang hitam dan tinggi? Rumahnya yang unik dan berpidah – pindah tempat tinggal atau nomaden? Pakaian adatnya yang unik? Wisata alamnya yang sangat menakjubkan? Tradisinya dan lain sebagainya. Itu merupaka sebagian yang orang awam tau tentang Papua Indonesia bagian timur ini. Tapi taukah kamu, kalau pulau bagian paling timur Indonesia ini mempunyai kebiasaan atau tradisi unik yang memang setiap daerah juga mempunyai tradisi atau adatnya masing – masing. Dan disini WABAIN akan membahas 6 (enam) hal tentang budaya yang ada di Papua ini.
          
        Yang pertama adalah rumah adat Papua yang bernama HONAI. Honai merupakan rumah adat Papua yang dihuni oleh suku Dani. Rumah tersebut terdiri dari dua lantai yaitu lantai pertama sebagai tempat tidur dan lantai kedua untuk tempat bersantai, makan dan mengerjakan kerajinan tangan. Pintu Honai amat kecil, tanpa jendela dan atapnya terbuat dari rumput lalang. Honai terbentuk seperti jamur dengan ketinggian sekitar 4 meter. Rumah itu luasnya sekitar12 – 16 meter. Rumah adat ini berbentuk kerucut tinggi keatas seperti tempurung kelapa atau rumah jamur.



          Yang ke dua adalah pakaian adat. Dalam tradisi ini pria Papua mengenakan pakaian adat berupa hiasan kepala, kalung yang terbuat dari gigi dan tulang hewan, kalung dari kerang, ikat pinggang dan sarung yang berumbai – rumbai. Tombak beserta, tameng dengan hiasan yang khas ikut menyertai pakaian adatnya. Sedangkan untuk wanita Papua memakai kalung dari kerang dan gigi hewan, hiasan pada lengan serta pakaian berumbai rumbai.
        




          Yang ke tiga adalah tarian adat Papua, disini ada tiga tarian khas yang biasa di tampilkan baik secara umum atau pun secara khusus. Diantaranya ada tari Selamat Datang, ini merupakan tari yang menampilkan kegembiraan hati penduduk dalam menyambut para tamu yang dihormati. Berikutnya ada tari Mbes, ini merupakan tari garapan yang berfungsi sebagai tari penyambutan tamu. Yang unik dalam tarian ini adalah adanya penggambaran tamu yang digotong dalam posisi berlentang pada sebuah perisai. Sementara tifa, yang ritmis dinamis ditengah perkikan – perkikan khas, merupakan warna tersendiri bagi tari yang diangkat dari daerha Asmat ini. Yang terakhir ada tari Musyoh, ini merupakan tarian khusus karena merupakan tari suci/keramat dalam upaya mengusir arwah orang meninggal karena kecelakaan.
         


            Yang ke empat ada aksesoris atau pernak – pernik khas Papua. Untuk kamu – kamu, yang akan berencana atau sudah berencana berwisata atau berkunjung ke Papua pulau bagian timur Indonesia ini. Jangan lupa! kalau Papua juga mempunyai cinderamata khas, salah satunya adalah batik khas Papua yang sudah memiliki banyak macam dan coraknya, diantaranya adalah motif burung cendrawasih, motif ukiran suku asmat, motif tifa dan aneka motif bernuansa khas nusantara Papua lainnya. Ciri dari batik papua biasanya batiknya berwarna cerah dan motifnya selalu bernuansa alam atau yang berkaitan dengan suku yang ada di Papua. Batik khas papua berbeda dengan batik-batik biasanya, namun nuansa Indonesianya tetap selalu kental terasa.
         

           Yang ke lima ini ada kue khas Papua, yaitu Sagu Lempeng. Dari sekian banyak kuliner yang dihidangkan, sagu lempeng adalah makanan khas Papua yang benar-benar identik dengan Bumi Cendrawasih. Sagu lempeng hampir bisa ditemukan di seluruh daratan Papua, tapi paling banyak terdapat di provinsi Ambon dan Papua. Sagu batangan mempunyai bentuk seperti batangan persegi panjang dengan warna merah kecokelatan. Ketika digigit, sagu lempeng akan sedikit menyiksa gigi dengan teksturnya yang keras. Sagu lempeng dibuat dari bahan dasar tepung sagu yang dicetak menggunakan besi kemudian dipanaskan dengan cara dipanggang. Warna merah kue di Papua disebut dengan Porna. Kue sagu lempeng bisa bertahan lama karena telah melewati proses pengawetan dengan pemanasan yang bisa mengurangi kadar air sehingga bisa menghambat pertumbuhan mikroba dan jamur. Makanan khas Papua ini bisa disantap bersama dengan teh manis.

          Dan yang ke enam atau yang terakhir ini ada lokasi wisata di Papua yang paling populer. Sebenarnya banyak tempat wisata yang ada di Papua yang dapat kalian kunjungi. Diantaranya ada Teluk Cendrawasi yang letaknya di daerah Nabire dan Wondama, Lembah Baliem yang terletak di daerah pegunungan Jayawijaya, Pantai Bosnik yang ada di Papua Barat, dan masih banyak lagi yang lainnya. Tapi tempat paling populer yang ada di Papua untuk beberapa periode ini adalah Raja Ampat. Siapa yang tidak tau dengan tempat yang satu ini, Keindahan Raja Ampat memang sudah mendunia dan setiap harinya tempat ini pasti banyak wisatawan domestik maupun mancanegara.


Wisata Raja Ampat ini terdiri dari empat pulau yang besar dan berbagai pulau kecil-kecil di sekitarnya. Di sini, kamu bisa menikmati keindahan alam bawah air yang sangat indah dan banyak sekali jenis penyu laut dan ikan. Kamu bisa melihatnya dengan cara menyelam ataupun melakukan snorkeling. Waktu yang tepat untuk berkunjung di tempat ini adalah bulan November da Oktober. Tapi jangan lupa ya! Saat berkunjung tetap jaga kebersihan lokasi wisata itu. Jangan rusak tempat yang sudah indah dengan dampah bekas makanan, apalagi yang sukar terurai seperti sampah plastik dan sejenisnya. Lindungilah tempat itu, karena itu juga punya kita juga, Warga Negara Indonesia.

          Itulah 6 (enam) ragam tentang Papua pulau bagian timur Indonesia ini. Banggalah dengan tanah air Indonesia ini, karena begitu kaya dan indah dengan ragam budaya, tradisi dan pesona alam yang juga begitu sedap dipandang mata. Semoga dengan kamu membaca postingan WABAIN, kita jadi makin cinta tanah air kita dengan kekayaan, dan ke khas_an yang hanya dimiliki Indonesia tercinta ini. Dan semoga postingan WABAIN juga bermanfaat untuk kita dan generasi muda berikutnya. Salam satu budaya kita, #INDONESIA_RAYA 

Sumber:       http://www.kebudayaanindonesia.com/2014/04/kebudayaan-papua.html 
                     http://singgahi.com/oleh-oleh-khas-papua/ 
                     http://makananoleholeh.com/makanan-khas-papua/ 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PULAU AMEH INDONESIA BAGIAN BARAT

Dikuti dari wikipedia Indonesia, SUMATERA adalah pulau keenam terbesar di dunia yang terletak di Indonesia , dengan luas 473.481 k...