Tari Tradisional Nusantara

Nama dan Gambar Tari Tradisional di Indonesia -  minat masyarakat khususnya generasi muda pada budaya sebagai identitas bangsa yang terdiri dari keberagaman bahasa, ras, maupun kesenian seperti tari tradisional semakin menurun karena maraknya budaya - budaya asing yang dianggap keren dan modern sehingga melupakan budaya lokal yang sesungguhnya memiliki nilai yang jauh lebih patut untuk di lestarikan. Berikut ini adalah beberapa nama tari - tari tradisional beserta sedikit penjelasannya 😊
  1. Tari Dayak 

    Tari Dayak, tari tradisional dari suku dayak yang dikenal dengan tarian yang memukau yang diiringi dengan tabuhan yang khas. Jenis Tati Dayak yang sering didengar antara lain : Tari Gantar, Tari Perang dan Tari Gong.Tari Gantar menggambarkan seseorang sedang menanam padi, Tari Perang ini menceritakan seorang pahlawan yang melawan musuhnya, dan Tari Gong biasanya dilakukan untuk menyambut tamu.
  2. Tari Papua

    Papua memiliki tarian yang cukup terkenal seperti tari selamat datang ditunjukan untuk menyambut tamu kehormatan, tari musyoh diadakan untuk warga yang meninggal, tari sajojo merupakan tari yang menggambarkan warga Papua yang senang bergaul, dan lainnya.
  3. Tari Saman

    Tari Saman merupakan tarian asal Aceh yang cukup terkenal di dalam negeri maupun luar negeri. Tari adat yang mempunyai keunikan yaitu gerakan penari yang kompak dipadukan dengan lagu dan suara pengiringnya.
  4. Tari Padang


    Tari Padang terdiri dari Tari Piring, Tari Payung, Tari Lilin, Tari Rantak, dan masih banyak lagi.
  5. Tari Bali

    Tari Bali ada banyak dan dikenal bukan hanya di Indonesia melainkan Mancanegara karena gerakan dan ekspresi wajah para penari yang indah seperti Tari Barong, Tari Kecak, Tari Legong, Margapati, Tari Puspanjali, Tari Pendet, Tari Panji Semirang, Tari Baris, Tari Trunaja dan masih banyak lagi.
  6. Tari Topeng Losari


    Tari Topeng Losari berasal dari Kota Cirebon. Keunikan dari tarian ini adalah gerak meliukkan badan ke belakang, gerakan kuda - kuda dan gerakan menggantungkan kaki.
cr. Berbagai Sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PULAU AMEH INDONESIA BAGIAN BARAT

Dikuti dari wikipedia Indonesia, SUMATERA adalah pulau keenam terbesar di dunia yang terletak di Indonesia , dengan luas 473.481 k...